- Hormon yang mempengaruhi berat badan

Sabtu, 09 September 2017

Hormon yang mempengaruhi berat badan

Hormon yang mempengaruhi berat badan,- selain pola makan dan gaya hidup, hormon juga berperan penting dalam menentukan berat badan. Simak beberapa hormon yang mempengaruhi berat badan berikut ini:

serotonin
Hormon gembira ini memiliki kontrol terhadap suasana hati dan ingatan. Jumlahnya harus di jaga agar tetap seimbang sehingga berat badan mampu di kontrol. Sebab kurang serotonin bisa memicu rasa cemas yang berujung pada stres.

Leptin dan ghrelin
Kedua hormon tersebut bisa di bilang sebagai hormon nafsu makan. Sebab keduanya berperan dalam memberi pesan pada otak bahwa anda sedang lapar. Kurang tidur bisa mempengaruhi kineja hormon leptin, sehingga nafsu makan biasanya akan sulit di kontrol dan membuat berat badan membengkak.

Testosteron
Baik pria maupun wanita sama memiliki hormon ini. Testosteron juga memberi pengaruh terhadap berat badan, karena fungsinya adalah menjaga kekuatan otot yang memicu metabolisme dalam membakar lemak. Jika jumlahnya menurun, berat badan bisa meningkat.

Estrogen dan progesteron
Kedua hormon tersebut dimiliki wanita dan dihasilkan oleh ovarium. Estrogen dan progesteron pun memengaruhi berat badan, entah itu menurunkan atau meningkatkan. Maka dari itu menopause dan pubertas sering di katikan dengan berat badan dan perubahan bentuk tubuh.

Tiroid
Hormon tiroid memegang peranan penting dalam metabolisme yang membakar lemak dan menyalurkan energi ke seluruh tubuh. Jika anda stres, kurangi gizi dan menderita inflamasi, hormon tiroid jumlahnya bisa menurun. Pada akhirnya, tubuh resiko mengalami peningkatan berat badan.

Oxytocin
Hormon cinta atau oxytocin muncul saat tubuh bersentuhan dengan orang yang anda suka, bercinta, atau makan cokelat. Namun jika anda sedang sakit hati, jumlah oxytocin cenderung menurun dan hormon cortisol otomatis malah meningkat. Sehingga tubuh pun berisiko mengalami kegemukan.

Melatonin
Tubuh memiliki hormon yang memberi perintah bahwa anda butuh isitirahat dan tidur, yaitu melatonin. Produksi hormon ini meningkat di ruangan yang lebih gelap. Itulah sebab kenapa ketika tidur, lampu sebaiknya di matikan. Kekurangan hormon melatonin sering di kaitkan dengan obesitas, diabetes, dan kanker.

Cortisol
Hormon yang satu ini bertanggung jawab atas pemicu serta yang di alami tubuh. seperti yang di ketahui, stres bisa memicu peningkatan berat badan. Untuk mengurangi kadar hormon cortisol, cobalah berolahraga secara teratur agar berat badan juga bisa dikontrol.

Itulah beberapa jenis hormon yang memengaruhi berat badan. Pastikan anda menjaga kesehatan dan keseimbangan hormon-hormon tersebut demi mengontrol berat badan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar